Sabtu, 31 Agustus 2019

LKPD.32.3. Ancaman Terhadap Keanekaragaman Hayati di Indonesia dan Upaya Pelestariannya


Keanekaragaman hayati di Indonesia sangat melimpah yang tentunya ini merupakan karunia Tuhan Yang Maha Esa untuk bangsa Indonesia.
Sebagai anggota bangsa maka kita wajib mensyukuri hal ini dengan turut serta menjaga kelestariannya, memanfaatkan dengan sebaik baiknya untuk kemaslahatan masyarakat. Dalam praktiknya, terkadang manusia kurang memperhatikan kelangsungan keanekaragaman hayati sehingga aktifitas manusia dalam mengelola keanekaragaman hayati terkadang menimbulkan ancama baru bagi kelangsungan hidup keanekaragaman hayati itu sendiri.
Pada garis besarnya, ancama terhadap keanekaragaman hayati dapat berasal dari dua kelompok besar, yaitu :
Pertama, dari alam yang dapat berupa gunung meletus, gempa bumi, gelombang tsunami, angin ribut/badai, air laut pasang naik/rob dan lain sebagainya yang bersifat alamiah.
Kedua, dari manusia yang berupa kegiatan-kegiatan manusia baik yang sengaja ataupun tidaak sengaja dapat mengancam kelangsungan hidup keanekaragaman hayati.
Kegiatan berikut ini akan mencoba membuka wawasan dan kesadaran berpikir anda akan betapa pentingnya melakukan tindakan-tindakan yang tidak berbahaya bagi lingkungan tempat hidup berbagai mahkluk hidup di muka bumi Indonesia khususnya dan dunia pada umumnya.  
Tujuan :
Mampu menyeleksi berbagai aktifitas manusia yang dapat mengancam kelangsungan hidup keanekaragaman hayati di Indonesia
Mampu mendiagramkan upaya pelestarian keanekaragaman hayati di Indonesia sampai pada contoh nyata bentuk pelestarian
Alat dan Bahan :
Kartu
Sumber belajar :
Buku : Irnaningtyas,2016,Biologi untuk SMA/MA kelas X peminatan MIPA,Jakarta,Penerbit Erlangga
Internet :
Prosedur :
Kegiatan 1. Ancaman terhadap Keanekaragaman Hayati di Indonesia
ðBaca dan pelajari berbagai macam kegiatan manusia berikut ini :
1. Mendirikan pabrik garmen modern, 2. Menjual tumbuhan langka ke luar negeri
3. Menggunakan pestisida anorganik untuk membunuh nyamuk demam berdarah
4. Menangkarkan komodo di rumah penangkaran, 5. Membangun kebun binatang
6. Membuang limbah rumah tangga ke sungai, 7. Membangun instalasi pengolahan limbah pabrik
8. Pengerjaan reklamasi pantai untuk tempat tinggal, 9. Melakukan sistem ladang berpindah
10. Mengembangkan teknik kultur jaringan, 11. Mengimpor limbah B3 dari luar negeri
12. Perlombaan berburu di taman nasional, 13. Menembaki  burung liar di sekitar tempat tinggal dg senapan angin, 14. Membangun waduk buatan secara besar-besaran, 15. Pembangunan jalan tol trans Jawa
16. Membasmi hama tanaman pangan dengan biopeptisida, 17. Memberantas hama tanaman menggunakan teknik jantan mandul, 18. Membuang limbah ke luar angkasa, 19. Mengganti plastik dengan bahan lain untuk belanja, 20. Membuat jalur hijau di sepanjang jalan raya, 21. Membangun tambak udang di sepanjang pantai, 22. Mendirikan pabrik daur ulang sampah plastik, 23. 
Membudidayakan ikan air tawar di kolam buatan, 24. Menebang pohon di hutan dengan sistem tebang pilih, 25. Sistem tumpang sari dalam bercocok tanam, 26. Mengurangi penggunaan plastik dalam kehidupan sehari-hari, 27. Membangun suaka margasatwa, 28.Membangun taman kota, 29. Membuat perkebunan kelapa sawit dalam skala yang luas, 30. Menggunakan pjaring pukat harimau untuk menangkap ikan, 31. Menambah jumlah pabrik pengolahan ikan, 32. Memproduksi mobil listrik secara nasional, 33. Membudidayakan ikan air tawar dengan sistem karamba, 34. Bercocok tanam dengan sistem monokultur, 35. Penggunaan bahan CFC untuk pendinginan ikan laut tangkapan, 36. Mengubah lahan pertanian untuk pabrik teknologi modern, 37. Membuang limbah detergen ke sungai, 38. Membudidayakan burung hantu  untuk mengendalikan hama tikus di lahan pertanian
ðDari 38 macam kegiatan manusia tersebut, seleksilah kegiatan mana saja yang termasuk dalam kelompok kegiatan yang dapat mengancam/mengurangi/menghilangkan keanekaragaman hayati di Indonesia dan mana yang dapat meningkatkan/menjaga keberadaan keanekaragaman hayati di Indonesia !
Kelompok Kegiatan manusia dan dampaknya terhadap keanekaragaman hayati di Indonesia
No
Mengancam/mengurangi/
Menghilangkan Keanekaragaman hayati
No
Meningkatkan/menjaga kelestarian keanekaragaman hayati
1.
Membuang limbah detergen ke sungai
1.
Membudidayakan burung hantu  untuk mengendalikan hama tikus di lahan pertanian
2

3






Dan seterusnya



Kegiatan 2. Upaya Pelestarian Keanekaragaman hayati di Indonesia
Carilah informasi dari berbagai macam sumber ( buku, internet )  untuk menggali informasi mengenai upaya-upaya pelestarian keanekaragaman hayati di Indonesia baik secara insitu maupun secara eksitu.
Setelah itu :
1) Jelaskan apa perbedaan antara pelestarian secara Eksitu dengan pelestarian secara Insitu.
2) Buatlah bagan Upaya pelestarian keanekaragaman hayati di Indonesia seperti contoh berikut ( anda bisa membuat / mengkreasikan sendiri ) !

Bagan 2.1. Upaya-upaya pelestarian keanekaragaman hayati di Indonesia
Dokumentasikan semua jawaban dalam buku catatan anda, presentasikan di hadapan teman-teman dalam kelas.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

LKPD.38. Reproduksi Tumbuhan Tingkat Rendah

Pendahuluan Tumbuhan merupakan kelompok mahkluk hidup yang memiliki cara reproduksi beragam. Ada beberapa tumbuhan yang dapat bereproduk...