Selasa, 17 Desember 2019

LKPD.36.1. Klasifikasi Kingdom Protista

Tujuan :
Peserta didik mampu untuk mengelompokkan protista berdasarkan ciri-ciri, cara reproduksi, dan mengaitkan peranannya dalam kehidupan.

Prosedur :
1.Bacalah Informasi berikut dengan sungguh-sungguh !
Selayang Pandang tentang Protista
Protista biasanya ditemukan di dalam air, dapat berupa plankton yang melayang-layang di dalam air atau melekat di dasar sungai, laut, atau danau. Protista dapat pula hidup di dalam tanah dan di tempat-tempat yang lembap, baik sebagai parasit maupun sebagai saprofit, serta dapat pula hidup bersimbiosis dengan organisme lainnya.
Pada umumnya, Protista bersifat aerobik dan menggunakan mitokondria untuk respirasi. Pada kenyataannya, ada Protista yang dapat berlaku sebagai produsen. Protista tersebut dapat melakukan fotosintesis (dapat membuat makanan sendiri). Nutrisi yang diperoleh dari fotosintesis Protista tersebut dapat bersifat fototropik, heterotropik, atau keduanya.
Protista memiliki flagela atau cilia dalam hidupnya dan dapat berkembang secara aseksual atau seksual. Pada kondisi yang kurang menguntungkan, Protista dapat membentuk kistae. 
Secara taksonomis Protista dapat dikelompokkan menjadi tiga kelompok, yaitu sebagai berikut......

1 . Protista yang Menyerupai Tumbuhan ( Algae )
Protista dikatakan menyerupai tumbuhan karena ia bersifat autotrof, memiliki klorofil, dan dengan bantuan cahaya matahari mampu melakukan fotosintesis. Contoh Protista yang menyerupai tumbuhan adalah ganggang yang terdiri atas filum Euglenophyta, ganggang hijau (Chlorophyta), ganggang cokelat (Phaeophyta), ganggang pirang (Chrysophhyta), ganggang merah (Rhodophyta), dan ganggang api (Pyrhophyta).

2 . Protista yang Menyerupai Hewan ( Protozoa )
Dikatakan menyerupai hewan karena Protista ini bersifat heterotrof.
Protista ini dapat memasukkan makanan dengan cara menelan melalui mulut pada membran selnya. Protista ini tidak dapat membuat makanan sendiri karena tidak mengandung klorofil. Contoh Protista yang menyerupai hewan adalah Protozoa, terdiri atas filum Rhizopoda (berkaki semu), Flagellata (berbulu cambuk), Ciliata (berambut getar), dan Sporozoa (penghasil spora).
3 . Protista yang Menyerupai Jamur
Kelompok ini memiliki kesamaan dengan fungi yaitu bersifat heterotrof dan sel tidak memiliki klorofil. Protista ini melakukan pencernaan makanan di luar sel ( ekstraseluler), kemudian terjadi penyerapan sari-sari makanan hasil pencernaan makanan oleh tubuh. Struktur tubuhnya lebih mirip dengan alga atau ganggang, yaitu dinding selnya terbuat dari selulosa. Contoh Protista yang menyerupai jamur ini adalah jamur air (Oomycota) misalnya : Phytophthora, Saphrolegnia, dan Pythium dan jamur lendir (Myxomycota) misalnya Physarum, Fuligo.

2.Kerjakan tugas 1 dan tugas 2 berikut ini pada buku catatan anda !
Berdiskusilah dengan teman-teman dan guru anda untuk menyelesaikan tugas-tugas berikut !

Tugas 1. Perbandingan Protista mirip hewan, protista mirip tumbuhan dan protista mirip jamur.
Buatlah tabel perbandingan antara ketiga kelompok protista tersebut berdasarkan ciri-ciri, cara reproduksi serta perannya dalam kehidupan.
Tabel 36.1. Perbandingan antara protista mirip hewan, protista mirip tumbuhan dan protista mirip jamur
NO
DITINJAU DARI
PROTISTA MIRIP HEWAN
PROTISTA MIRIP TUMBUHAN
PROTISTA MIRIP JAMUR
1
Struktur tubuh



2
Ukuran tubuh



3
Cara hidup



4
Klorofil



5
Alat gerak



6
Cara reproduksi



7
Peranan




dasar pengelompokan yang digunakan dalam klasifikasi protista kedalam 3 kelompok (protista mirip tumbuhan, protista mirip hewan dan protista mirip jamur) adalah....

Tugas 2. Pengelompokkan Protista
Lakukan kajian literatur dari beberapa sumber, seperti buku biologi SMA kelas X, internet dan sumber lainnya untuk melengkapi tabel berikut ini !
Tabel 2. Pengelompokan kingdom Protista
No
Nama Jenis/genus
Kelompok protista
Divis/kelas
Gambar
Deskripsi Ciri-ciri khas
Peranan dalam kehidupan
1
Amoeba proteus
protozoa




2
Paramaecium caudatum

Ciliata



3
Euglena viridis





4
Plasmodium





5
Chlorella





6
Tripanosoma brucei





7
Chlamydomonas





8
Spirogyra
Alga/ Ganggang




9
Navicula bullata





10
Ulva SP

Chlorophyta



Pertanyaan :
Keanekaragaman protista merupakan sumber keanekaragaman hayati  di Indonesia. Potensi apa yang bisa dimanfaatkan oleh manusia dari protista ini ? Jelaskan jawaban Anda !

Selamat belajar.
Setiap orang akan memperoleh sesuai dengan apa yang dia usahakan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

LKPD.38. Reproduksi Tumbuhan Tingkat Rendah

Pendahuluan Tumbuhan merupakan kelompok mahkluk hidup yang memiliki cara reproduksi beragam. Ada beberapa tumbuhan yang dapat bereproduk...