Kompetensi :
Mengelompokkan tumbuhan ke dalam divisio berdasarkan ciri-ciri umum, serta mengaitkan peranannya dalam kehidupan
Pendahuluan
Tumbuhan atau plantae meliputi semua organisme multiseluler dengan membentuk jaringan (dari yang sederhana sampai yang kompleks), tipe selnya eukariotik, dinding sel terbuat dari selulosa, hidup secara fotoautotrof karena selnya dilengkapi dengan organel kloroplas dilengkapi dengan pigmen klorofil a/klorofil b/korofil c. Menyimpan cadangan makanan dalam bentuk amilum/pati/zat tepung.
Sebagian besar anggota tumbuhan adalah penghuni daratan dengan beberapa jenis diantaranya ada yang mencapai tinggi batang hingga puluhan meter, bahkan ada yang mencapai 100 meter tingginya.
Karena banyaknya jenis-jenis mahkluk hidup yang tergolong dalam kingdom plantae, maka disusunlah berbagai alternatif untuk mengelompokkan tumbuhan ke dalam kelompok-kelompok tertentu.
Ada kelompok tumbuhan yang didasarkan atas ada/tidaknya berkas pembuluh pengangkut, yaitu : 1) atracheophyta ( meliputi divisi bryophyta ) dan 2) tracheophyta (meliputi divisi pteridophyta, spermatophyta).
Ada yang dikelompokkan berdasarkan organ/alat reproduksi secara seksual, yaitu :
1) Sporophyta ( tumbuhan yang menghasilkan spora ) dan 2) Spermatophyta ( tumbuhan yang menghasilkan biji ).
Tujuan :
Setelah melakukan kegiatan belajar ini, diharapkan anda mampu untuk mengelompokkan beberapa jenis tumbuhan ke dalam divisi berdasarkan ciri-cirinya.
Alat dan Bahan :
Specimen beberapa jenis tumbuhan,
kaca pembesar, penggaris, bolpoint,kertas
Sumber belajar :
Buku ( Irnaningtyas,2016,Biologi SMA/MA kelas 10 peminatan MIPA,Jakarta,Erlangga )
Internet : https://kelasbiologi10.blogspot.com/2020/02/klasifikasi-tumbuhan-plantae.html
Prosedur :
1) Amati dengan teliti specimen dari jenis-jenis tumbuhan yang telah anda siapkan sendiri.
2) Identifikasilah ciri-ciri dari semua jenis tumbuhan yang ada. Identifikasi meliputi ciri-ciri antara lain : ada/tidaknya akar-batang-daun, sistem perakaran, tipe pertulangan daun, kambium, alat reproduksi seksual, alat reproduksi aseksual.Gunakan sumber belajar untuk mendukung identifikasi anda.Berdasarkan ciri-ciri yang diketahui, kelompokkan jenis-jenis tumbuhan tersebut ke dalam divisi yang sesuai ( bryophyta, pteridophyta, Gymnospermae, Angiospermae )
3) Sajikan hasil identifikasi anda dalam bentuk tabel
Hasil kegiatan :
Setelah dilakukan pengamatan dan identifikasi ciri-ciri terhadap jenis-jenis tumbuhan yang ada diperoleh data-data sebagai mana disajikan dalam tabel 1.1. berikut.
Tabel 1.1. Ciri-ciri dan Klasifikasi jenis-jenis tumbuhan di lingkungan sekitar tempat tinggal
No
|
Nama Tumbuhan
|
Identifikasi ciri-ciri
|
Divisi
| ||||||
Akar-batang-daun
|
Batang
|
Tipe pertulangan daun
|
Sistem perakaran
|
Kambium
|
Alat reproduksi
| ||||
Aseksual
|
Seksual
| ||||||||
1
| |||||||||
2
| |||||||||
3
| |||||||||
dstnya
|
Keterangan :
Akar-batang-daun diisi ada/tidak ada, jelas/tidak jelas
Batang, bisa diisi keras, lunak, berongga
Tipe pertulangan daun : menyirip, menjari, lurus/sejajar, melengkung
Sistem perakaran : tunggang, serabut
Kambium : ada, tidak adaPembahasan :
1) Jelaskan apa persamaan dari jenis-jenis tumbuhan yang telah anda amati !
2) Apakah ada perbedaan diantara jenis-jenis tumbuhan tersebut ? Jelaskan jawaban anda!
3) Apa peranan dari jenis-jenis tumbuhan yang telah anda amati tersebut ! Jelaskan !
Kesimpulan :
___________________________________________________________________
Dokumentasikan hasil belajar anda dalam buku catatan anda masing-masing.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar